[ESCAPE] Quick, It's Karimun Jawa!

By addinaf - 10:31:00 PM


Selamat Datang di Karimun Jawa

Kira kira pertengahan April lalu saya dan teman kantor, dan teman nya teman kantor, dan teman nya teman nya teman kantor memutuskan untuk berlibur ke Karimun Jawa pada suatu libur akhir pekan yang cukup panjang.

Kami belum pernah mengenal sebelumnya. Masing masing dari kami hanya mengenal masing masing satu orang. Tapi ya namanya jalan jalan pasti asik! ;)

3 kantor arsitektur, 2 universitas, 3 jenis angkatan yang berbeda beda :D

Kami berangkat dari Bandung naik kereta hari Kamis malam menuju Semarang. Esok subuhnya, kami sampai di Semarang dan memutuskan berjalan jalan sebentar di kawasan Kota Tua Semarang yang cukup dekat dari Stasiun, kemudian kami sarapan di Simpang Semarang dan beristirahat di Masjid Baitullah Semarang.

Sekitar pukul 9 - 10 an kami naik travel bus menuju Jepara, perjalanan memakan waktu kira kira 2 - 3 jam.
Kira kira siang, dhuhur, kami tiba di Jepara dan bersiap untuk naik kapal menuju Karimun Jawa. Agak lupa jam nya, tapi seingat saya hanya ada 1 trayek kapal per hari (atau 2?). Kami naik kapal yang cukup besar dan kira kira lamanya 1 - 2 jam.

Di dalam kapal banyak bule, dan ada bule yang berciuman di dalam kapal hoho :p

Anyway!
Sesampainya di Kepulauan Karimun Jawa sudah cukup sore, kami kemudian menginap di rumah warga setempat yang memang dijadikan guest house oleh penduduk lokal. Makanannya enak enak khas rumahan. Kami menikmati senja di dermaga kecil.

Senja cantik di dermaga kecil

Sebenarnya saya agak agak lupa runutan perjalanan selama di Karimun Jawa selama 2 hari berikutnya (maklum, telat nulisnya), yang saya ingat jelas total kami snorkling 4x di beberapa spot, yaitu Pulau Menjangan Kecil, kemudian makan siang di Pulau Cemara Besar, kembali snorkling di Pulau Cemara Kecil, snorkling di Pulau Menjangan Tengah, dan melihat hiu di penangkaran hiu. Kami juga sempat ke Dataran Gosong yang sedang tidak surut (jadi tidak terlihat datarannya).




Perjalanan menuju pulau pulau kecil di Kepulauan Karimun Jawa
yes, #nofilter !

Yang paling berkesan buat saya ada snorkling di hari terakhir, Minggu pagi, kalau tidak salah di Menjangan Tengah. Bagus bagus dan cantik sekali. Secara keseluruhan Karimun Jawa bagus sekali :")


dua dari empat foto underwater saya yang cukup lumayan bagus,
sisanya kebanyakan ada kaki orang atau baju menyibak, atau apalah :')

dan karena perjalanan kali ini hampir didominasi sepenuhnya oleh laut, saya memutuskan untuk lebih banyak meletakkan kamera saya di dalam tempatnya daripada mengambil gambar dan kerepotan melindungi kamera. But all the photos in this post was #nofilter ;)


Suasana dermaga kecil
 

Di sana semua warganya bisa berenang dan menyelam, anak anak bermain dengan gembira, hanya ada satu sekolah di pulau, kalau tidak salah hanya ada Sekolah Dasar dan satu gedung Balai Desa(?). Listrik di Kepulauan Karimun Jawa hanya menyala dari pukul 6 sore sampai 10 malam, hampir mirip dengan Baluran.

Hiu! for real!
Senja terakhir dalam perjalanan pulang
Minggu siang kami kembali menuju Jepara dan kembali ke Semarang dan malamnya kami naik kereta menuju Bandung.
Saya pulang dengan wajah gosong dan badan capek tapi hati super duper bahagia siap menjalani hari kembali :)

What a quick yet lovely summer! :3

Foto foto lebih lengkap bisa dilihat di album facebook saya di sini atau di instagram saya di sini :)



PS: Dan sekarang, detik saat saya menulis ini, saya sudah benar benar sangat rindu ingin berjalan jalan lagi, entah kemana.


  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. keren bener ini foto fotonya
    yg terakhir itu senjanya juara pertama se kota jogjakarta din!

    Selamat ya! (?)

    ReplyDelete