My Makeup Daily

By addinaf - 9:19:00 PM

Setelah menunda-nunda dan sempat ragu, saya akhirnya memutuskan untuk membuat blog tentang makeup harian yang saya gunakan setiap hari. Disclaimer, saya bukan seseorang yang ahli dalam hal makeup, skin care, beauty products, dan hal-hal terkait. Saya literally adalah pengguna makeup harian dalam kadar yang saya rasa perlu dan cukup.

But, once you go with makeup, you can't go back. This term was true. Awal-awal saya menggunakan makeup kira-kira saat kerja; saya pakai bedak, maskara, dan lipbalm berwarna semi transparan. Setelah resign, saya mulai pakai lipstik. Setelah itu saya mulai memberanikan diri belajar eyeliner, menggunakan foundation, dan bronzer dan sebagainya seperti sekarang.

Anyway, berikut adalah makeup stuffs yang saya gunakan harian (di luar dari skin-care). Enjoy!


Makeup yang saya gunakan rata-rata bukanlah makeup high-end, jadi mungkin kalian bisa menemukan atau mencontohnya. Walaupun sebenarnya makeup itu preferens masing-masing sih, tergantung selera, kecocokan dengan jenis kulit, maupun warna kulit. Setiap pagi, setelah mandi, saya menggunakan moisturizer dan sunblock terlebih dahulu sebelum makeup.

BASE 1 - FACE
Saya menggunakan foundation NYX yang liquid dengan warna Golden Beige. Saya pakainya sedikit-sedikit saja, tergantung dengan kebutuhan kegiatan hari itu. Saya juga hanya menggunakan jari dan tangan untuk mengaplikasikannya. Kemudian saya menggunakan bedak powder Ultima II dengan warna yang sama juga, Golden Beige. Ultima II ini saya beli di Indonesia, kalau yang NYX saya membelinya di Milan. Oh ya, kadang kalau sedang di jalan atau di luar dan membutuhkan touch up, saya biasanya menggunakan two way cake (yang sudah ada foundation, jadi lebih awet dibandingkan bedak biasa) dari NYX yang #nofilter dengan warna yang sama juga (Golden Beige).

Saya membeli ketiga benda tersebut pada waktu dan periode yang berbeda-beda, dan saya baru menyadari bahwa saya selalu cocok dengan tipe Golden Beige. I take this as a compliment, mungkin memang warna kulit saya goldy-goldy gitu kali ya. Hahaha.

Base - Face

BASE 2 - FACE

Setelah menggunakan base pertama tadi, saya kemudian mengaplikasikan bronzer dari Kiko Milano dan blush on (lupa saya ambil gambarnya) dengan menggunakan brush khusus powder yang juga dari merk yang sama. Saya menggunakan bronzer dengan warna coklat muda matte, dan coklat tua bata glossy dan blush on berwarna merah bata. Saya aplikasikan di pipi bagian atas, pipi tengah, bawah mata, melewati hidung (untuk blush on), dan sedikit di dagu.

Kalau lihat-lihat di tutorial beauty gurus di Youtube sih, gunakan bronzer dan blush on di tempat di mana bagian wajah kamu menonjol atau terpapar sinar matahari. Tapi mungkin sebenarnya tergantung kecocokan atau selera juga sih. Saya suka menggunakan bronzer ini karena warnanya membuat kulit jadi lebih matte. Blush on untuk efek segar seperti habis terpapar sinar matahari.

Base 2 - Face
DETAIL - EYES
Selanjutnya, bagian yang paling saya favoritkan! Mata! Saya menggunakan eyeliner dan maskara. Kadang-kadang kalau ingat dan tidak malas, saya menggunakan penjepit bulu mata. Dulu saya sempat mencoba menggunakan pensil alis untuk merapihkan alis saya yang tidak simetri, but anyway, who cares. Saya lebih suka fokus pada bagian eyeliner. Saya sedikit banyak terinspirasi oleh my ultimate bias, Taylor Swift. Eyeliner cat-eye, which is really sharp it could kill you. Saya menggunakan eyeliner yang seperti spidol dari NYX. Saya punya dua warna, hitam dan biru tua. Untuk warna biru saya banyak gunakan summer lalu. Favorit saya tetap yang warna hitam.

Untuk maskara, saya punya beberapa jenis, ada yang waterproof (cocok digunakan saat Milan lagi hujan-hujannya), ada yang tipis semacam top-coat, dan untuk volume bulu mata. Jenis bulu mata saya sudah cukup banyak, jadi untuk sehari-hari kalau sedang malas saya gunakan yang tipis saja, tergantung kegiatan hari itu. Saya sedang tertarik untuk mencoba maskara dengan warna seperti biru atau ungu.

Perfect eyes create perfect day!
Detail - Eyes
 FINISHING - LIPS
After all the steps, here comes the finishing step. Buat saya, lipstik memberikan kesan selesai pada overall makeup. Dulu saya suka menggunakan lip-tint ala-ala korea, seperti Etude Dear Darling, tapi di bibir saya membuat kering, saya beralih pada lipstick klasik (bullet) dari NYX yang matte dengan warna Charmed. Merah bata. Saya juga punya warna Duchesse atau agak keunguan (cocok di musim dingin atau malam hari). Karena saya juga melihat lagi trend lipcream, saya mencoba lipcream NYX Lingerie, atau warna-warna nude, beige, warna kulit, saya memilih warna dengan kode 12.

Sebenarnya warna-warna ini kurang lebih sama. Saya pribadi lebih cocok dengan lipstick bullet karena pemakaiannya lebih mudah, walaupun tidak seawet lipcream.

Finishing - Lips
Berikut kira-kira swatch dari ketiga lipstik utama saya. Saya juga bukan terlalu penggemar lipstik jadi ini bisa sampai habis. Nomor 1 dan 2 terlihat sama, tapi teksturnya berbeda. Untuk tekstur lipcream Lingerie lebih matte dan kering, juga lebih awet untuk makan. Saya lebih suka menggunakan yang nomor 2 yaitu lipstik bullet biasa.

Untuk sehari-hari saya juga selalu membawa pouch yang berisi bedak NYX (yang two way cake tadi) dan lipstik nomor 2 (NYX Charmed), saya punya cadangan untuk dibawa, atau kalau pagi hari pakai yang nomor 3, jadi yang nomor 2 di tukar dengan nomor 3 untuk digunakan kalau butuh touch up di kampus atau di jalan. Karena saya biasanya seharian di kampus atau di luar, saya memanfaatkan waktu sehabis makan siang untuk touch up sekaligus membenahi jilbab.

Waktu yang saya habiskan untuk keseluruhan makeup juga tidak lama, karena saya sudah terbiasa. Mungkin 10 - 15 menit saja. Kecuali saya sedang berleyeh-leyeh sambil mendengarkan musik atau memilih-milih baju. Oh ya, saya juga biasa menggunakan makeup setelah mengenakan pakaian kecuali pakaian saya berkancing, saya akan gunakan setelah tahap Base.

Well, begitulah rutinitas makeup saya yang sangat basic. Rencananya saya mau coba maskara berwarna atau lebih berani menggunakan eyeliner putih di ujung mata ala-ala Korea. Makeup saya sendiri seperti kalian lihat, semua mudah ditemukan dan tidak mahal. Kira-kira begini hasil jadi makeup hariannya. Mohon maaf karena fotonya berbeda kualitas dan standar dengan foto alat-alat makeup. Hahaha, saya menggunakan foto ready stock dari hape. Atau bisa kalian lihat sendiri dari foto di instagram (yang foto muka nya juga tidak seberapa banyak dan besar). Bisa juga kalau kebetulan kita bertemu bisa lihat muka saya langsung (semoga saat itu sedang kondusif dan representatif).

Kira-kira begini hasil jadinya

I hope it's enough to represent my daily makeup!
Saya percaya makeup ada untuk membuat perempuan tampil lebih percaya diri dan lebih layak untuk situasi-situasi tertentu, seperti presentasi, bekerja, bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdandan dengan pas akan meninggalkan impresi yang baik untuk teman-teman, profesor, kolega, dan orang baru. Plus poin, akan membuat kamu lebih percaya diri dan siap menghadapi hari. No?


Please give me critiques, comments, or suggestion to support me.
See you on the next post :)

Addina Faizati
Milan, 2018

  • Share:

You Might Also Like

2 comments