[Sharing] Serba-Serbi Persiapan Keberangkatan (PK-67) LPDP

11:40:00 PM



Here we go guys!
Setelah di posting sebelumnya saya menceritakan mengenai pengalaman saya melalui Seleksi LPDP, kali ini saya akan berbicara tentang Serba-Serbi Persiapan Keberangkatan (PK) LPDP buat kamu yang sudah lolos seleksi LPDP.

Apa sih PK? Ngapain aja sih? Siapa saja di dalamnya?
Pertanyaan-pertanyaan yang mendasar bisa kalian temukan tentu saja di website PK LPDP, pilih pada menu FAQ untuk jawaban riil dari pihak LPDP. Tapi saya juga akan membahas nya dengan menggunakan intrepretasi dan bahasa saya sendiri, ya. As usual, with doodle to make it easier!

Oh iya, tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman saya mengikuti Pra-PK dan PK bersama teman-teman PK-67 PINISI yang berlangsung pada periode April - Mei (Pra PK) dan 16 - 21 Mei (PK).

Check it out! 
Alur PK
• Apa itu PK?
So, basically, setiap calon awardee LPDP yang sudah dinyatakan lolos seleksi substansi, harus, wajib, pokoknya harus mengikuti rangkaian acara bernama Persiapan Keberangkatan atau yang lebih sering kita dengar sebagai PK. PK sendiri mengalami perubahan-perubahan konsep, nama, dan lain-lain. Yang pasti, intinya sama; yaitu memberikan nilai-nilai integritas dan nasionalisme pada calon awardee.

Setiap calon awardee, baik itu S2, S3, laki-laki, perempuan, jauh, dekat, single, sudah menikah, tidak dibedakan, harus mengikuti rangkaian acara ini yang akan ditentukan sesudahnya. Satu batch atau periode penerimaan beasiswa LPDP bisa terdiri sampai kira-kira 10 PK dengan jumlah per PK mencapai 100 - 130 anak, angkatan awardee ditentukan berdasarkan pada periode PK keberapakah yang dia ikuti.

Saya sendiri, termasuk angkatan PK-67 yang saat itu sudah berformat semacam training / pelatihan selama 6 hari penuh dari hari Senin sampai Sabtu.

• Pra-PK
Kira-kira setelah kalian mendapatkan informasi kalian ditempatkan di PK ke berapa, akan dimulailah, Pra-PK, atau hal-hal yang juga harus dilalui sebelum kalian menjalani PK tadi selama satu minggu. Pra-PK ini adalah awal pembentukkan angkatan, yaitu penentuan pengurus, nama angkatan, logo angkatan, maskot angkatan, lagu angkatan, dan sekaligus fiksasi anggota angkatan.

Pada dasarnya, kesibukan anak-anak PK adalah pada fase Pra-PK ini, karena pada satu-dua bulan sebelum PK ini akan ada tugas-tugas yang harus dikumpulkan oleh masing-masing calon awardee yang tergabung pada PK tersebut.

Pokoknya chaos nya PK adalah saat Pra-PK, terutama pada saat awal-awal anggota berkumpul. Perlu diketahui bahwa 100-an anggota belum pernah saling mengenal sebelumnya dan terdiri dari berbagai macam latar belakang daerah, pendidikan, dan bidang ilmu. Sounds interesting yet challenging, right?

 PK (Persiapan Keberangkatan)
Kegiatan PK-67 
Saat-saat yang ditunggu datang juga. It's PK! Pastinya banyak mitos-mitos dan cerita baik horror maupun sweet yang sudah beredar di kalangan calon awardee soal PK. Tapi yang pasti, poinnya terletak pada: bertemu dengan 130 orang yang selama Pra-PK sudah mengerjakan tugas bersama-sama.

PK-67 terdiri dari 6 hari penuh, Senin sampai Sabtu, yang hari-hari nya terdiri dari, Opening, Materi, Closing, Olahraga pagi, Outbond, dan semacam Pentas Seni / acara seru-seruan untuk angkatan per kelompok. Highlight sesungguhnya dari PK sebenarnya terletak pada Materi dan disiplin waktu. Selama seminggu, kita akan diisi selain dari tim LPDP (briefing teknis mengenai beasiswa), juga oleh tokoh-tokoh terkenal, dari pengusaha, insinyur, penulis, budayawan, sampai bahkan Menteri (lengkap dengan ajudannya).

Pak Gita Wirjawan tweeted us!
like, literally me and my group. LOL
Tapi tidak jarang juga beberapa awardee lebih menekankan pada acara Pentas Seni kelompok, maupun Closing dari PK yang diadakan pada hari terakhir. Apapun, yang penting enjoy! Saya sendiri, sejujurnya, walaupun tidak bisa maksimal menyerap materi dari pembicara-pembicara keren di PK-67, tetap menikmati rangkaian acara PK dari hari pertama sampai terakhir.

Clue: Hold your eyes, prepare yourself with a bunch of candies! 

• Serba-Serbi PK:
Apa saja sih hal-hal yang akan sering kita dengar selama menjalani rangkaian Pra-PK sampai PK?

1. Telegram
Telegram adalah chat apps yang digunakan oleh awardee selama rangkaian acara berlangsung. Saya sudah pernah mendengar Telegram sebelumnya, namun benar-benar baru memanfaatkannya selama PK. Kenapa Telegram? Karena Telegram lebih ringan, lebih mudah digunakan, ada fitur reply, forward, edit, sticker, kirim file dalam bentuk apapun (dan tersimpan di clouds, tidak auto download seperti chat apps lain), bahkan ada channelnya! Gunanya menyimpan link/file penting dalam grup agar tidak tenggelam. Recently, I'm more into telegram than any other chat apps.

2. Google Drive (and stuff)
Google Drive and stuff! Saya sudah menggunakan fasilitas ini sejak lama, jadi tidak perlu waktu untuk menyesuaikan diri. Basically, keperluan tugas-tugas PK yang 'maya' ini hampir selalu berkaitan dengan Google Drive, baik dari form, word, sampai spreadsheet. Penting buat kalian install Spreadsheet di cell phone untuk sementara waktu karena akan banyak dibutuhkan selama pelaksanaan tugas Pra-PK. Jangan lupa untuk add to drive folder PK kalian masing-masing untuk mempermudah.

3. Tugas-Tugas-Tugas
Tugas Pra-PK sampai PK bermacam-macam dan tergantung dari masing-masing angkatan. Jadi saya tidak bisa berbicara banyak, yang jelas, tugas ini akan terdiri dari Tugas Individu, Tugas Kelompok, dan Tugas Angkatan. Tugasnya pun bermacam-macam dari membuat CV, update linkedin (I know you knew it), twitter, bedah buku, esai, dan masih banyak lagi (terutama untuk Tugas Kelompok dan Angkatan) yang akan bervariasi setiap angkatannya.

4. QC (Quality Control)
QC a.k.a Quality Control adalah salah satu bagian ter-momok (probably only me) dari Pra-PK dan PK. Jadi, semua tugas-tugas yang dikerjakan selama Pra-PK tadi, harus melalui presentasi (oleh ketua angkatan) yang kemudian harus lolos QC dari tim PK agar tugas-tugas tadi secara mudahnya bisa disebut 'layak' tayang. Tugas-tugas yang melalui QC didominasi tugas-tugas angkatan, seperti nama angkatan, logo angkatan, maskot angkatan, lagu angkatan, poster-poster, proposal, dan lain sebagainya. Waspadalah, teman-teman tim Kreasi/Desain dan Kesenian. Hohoho.
Hanya sebagian kecil dari Tugas, QC, and stuff
5. Kopdar (Kopi Darat)
Teman-teman yang akrab dengan komunitas dan forum di dunia maya pasti sudah paham apa itu Kopdar alias Kopi Darat. Kopi Darat adalah istilah untuk 'bertemu' teman-teman yang awalnya saling mengenal melalui dunia maya. Nah, untuk teman-teman PK yang satu regional (satu kota), ada tugas yaitu Kopdar minimal 2 kali sampai dengan satu hari sebelum acara PK. Kopdar ini yang nantinya akan menjadi pertama kita bertemu teman-teman PK kita.

6. Japri (Jalur Pribadi)
Japri ini merupakan rangkaian kelanjutan dari poin nomor satu, Telegram. Ya, selain terdiri dari grup chat angkatan, grup kelompok, dan grup divisi, tidak dapat dihindari adalah keberadaan japri alias jalur pribadi. Jalur pribadi ini adalah chat one-o-one orang yang bersangkutan, biasa dilakukan kalau sudah tertinggal jauh pembahasan di grup, minta izin ketua, atau bisa juga membahas tugas angkatan, tugas kelompok, menanyakan tugas pribadi, atau bisa juga melipir permasalahan pribadi. Syudududu. Pokoknya, kata-kata japri akan sering kalian dengar selama periode PK.

7. Baper (Bawa Perasaan)
Kelanjutan dari poin nomor 5 dan 6 tadi akan melahirkan baper atau merupakan singkatan dari bawa perasaan. Baper bukan harus perasaan macam naksir-naksir an loh ya, bisa juga bete, kesal, marah, sedih. Karena tidak bisa dipungkiri, diskusi chaos yang dilakukan menggunakan media chat dan sebagian besar belum pernah bertemu, memungkinkan ada salah paham dan salah kata. Another word yang akan sering didengar selama periode PK juga, (dan kemungkinan) akan semakin sering terdengar paska PK.

8. Materi - Daily Report
Poin ke-8 ini mewakili kegiatan hari-H PK. Seperti yang sudah saya sampaikan tadi, materi-materi yang dipaparkan oleh pengisi acara harus dilaporkan dalam bentuk Daily Report yang deadline nya well, basically, hari itu juga dengan format khusus yang sudah disediakan. Well, mungkin jam tidur kalian akan lebih sedikit dibanding hari biasa.

9. Friendship
Finally, after all the things that happened these past three months, to sum up with one word is: Friendship. It may sounds cheesy and cliche, but believe me, I have no word to describe rather than 'friendship' itself. Tidak dapat dipungkiri, memang bisa jadi tidak kemudian se-seratus-tiga-puluh orang tadi akan menjadi akrab semuanya satu sama lain, tapi pasti ada beberapa small circle yang akan menjadi teman yang kemudian secara ajaib dekat atau didekatkan. Namun secara keseluruhan, bagaimanapun juga, teman-teman satu angkatan PK, insya Allah, akan saling membantu satu-sama lain ke depannya jika dibutuhkan.

Banda - Kopdar Jogja - Kopdar Regional Gabungan
Tidak cukup kalau dikolasekan semua, kira-kira ini perwakilan teman-teman yang saya dapatkan :")
Kira-kira itu yang bisa saya bagikan. Kalau-kalau ada yang terlewat untuk diceritakan, found it by yourself in PK, ya. Kunci menjalani PK adalah, ikhlas dan enjoy it. Somehow saya juga pernah kok berpikir tugas-tugasnya merepotkan, dan sebagainya, but ended up I enjoyed it much, dengan bonus seratus teman baru dari berbagai daerah dan latar belakang ilmu dan usia. Super seru!

Secara garis besar, PK membuka mata dan wawasan saya mengenai banyak hal, baik itu secara personal, nasionalisme, maupun secara global. It's like a slap in my face, that you are still a speck of dust in this country, or evenmore universe. But then, it is more about how you influence your neighborhood, how you be the positive virus to your society, in every way and simple thing.

Last but not least, you have to be grateful for everything you have. 'Cause maybe there are some people want to walk in your shoes.

Afterall
, terima kasih tim PK sudah berusaha keras membuatkan acara untuk kami semua :)
Terima kasih, PINISI! :)


PS: Special thanks to Pinisi PK-67 yang sudah membuat hari-hari Pra dan PK saya menyenangkan. Even more pasca-PK nya juga :)

You Might Also Like

2 comments

  1. Haloo kak, tulisannya bagus sekali. Aku baru lolos lpdp batch 4 2016 nih dan skrg lg nunggu jadwal PK. Mau tanya dong nanti kegiatan2 di hari H nya itu kita sendiri yang merancang acaranya ya? Biasanya jadwal PK muncul brp minggu sebelum hari H?

    ReplyDelete
  2. wua, selamat ya keterima lpdp. seru sekali pengalamannya :)

    ReplyDelete

addinaf

hersketch