IndoChina Trip (5Countries10Days): My Top 5 Packing List

12:55:00 PM

Let's take a break first from all the series of IndoChina trip and let me share to you what I bring and I wear while the trip, okay?


Untuk sebuah perjalanan backpacking yang cukup lama dan akan menghabiskan banyak waktu di jalan, tentu memerlukan packing yang tepat dan praktis. Apalagi untuk perempuan! Biasanya perempuan selalu memiliki image ribet saat packing. Tapi semoga cerita tentang packing saya di bawah ini tidak membuat kalian berpikir kalau packing itu ribet ya! Berikut akan saya ceritakan apa saja yang biasanya saya bawa atau list saat packing untuk jalan-jalan apa saja dalam jangka waktu 3 - 15 hari. But since I don't have a proper photos to share, so I will use my sketch instead. Enjoy!


#1 TRAVEL BAG
Travel bag adalah bagian yang paling penting untuk suatu perjalanan, terutama untuk backpacking trip. Travel bag ini adalah benda terberat yang berisi barang-barang keperluan hidupmu selama perjalanan. Pilih ransel yang nyaman atau tas carrier (kalau punya). Saya sendiri biasanya menggunakan travel backpack dengan ukuran mencapai 30 liter. Travel bag sendiri akan didominasi oleh pakaian, alat mandi, alas kaki ganti, atau bekal makanan.  Banyak kantong di depan, samping, dan bahkan bagian belakang tas bermanfaat banget buat menyimpan air minum, atau benda-benda kecil yang perlu digunakan dengan cepat.

#2 SLING BAG
Sling bag! Terpenting kedua setelah travel bag karena sling bag ini adalah tas yang akan kita bawa kemana-mana saat trip, yang berisi dokumen penting, gadget, dan uang tentu saja. Pokoknya sling bag ini berisi benda-benda berharga yang sebaiknya berada di dekat kita. Kalau saya biasanya sling bag isinya hape, dompet, paspor, minum, catatan itinerary, dan kit penyelamatan pertama pada perempuan (tissue, face paper, lipbalm). Khusus untuk paspor, saya masukkan sling bag saat di awal atau akhir perjalanan saja, untuk perjalanan sehari-hari ada baiknya paspor disimpan di travel bag (di tempat yang aman) untuk menghindari resiko kecopetan atau hilang. Hal yang sama juga berlaku untuk uang, sebaiknya jangan membawa uang dalam jumlah besar pada satu tempat, bawa uang secara berkala sesuai kebutuhan. Sling bag yang saya gunakan untuk perjalanan ini adalah tas jinjing dengan ukuran sekitar 20x20 yang bisa menjadi tas tangan, sling bag, dan bahkan ransel kecil. Super bermanfaat!

#3 POUCH(ES)
Travel bag check, sling bag checkWhat’s next? It’s pouches! Pouches diperlukan untuk memisahkan kebutuhan-kebutuhan kecil agar tidak saling bercampur dan akan menjadi mudah untuk kita menemukannya selama perjalanan. Saya menggunakan 4 pouches terpisah untuk keperluan berbeda-beda juga. Pouches yang dimasukkan ke dalam travel bag ada 3 kelompok. Pouch pertama berisi pakaian dalam, kaos kaki. Pouch kedua berisi elektronik set seperti charger hape, charger kamera. Pouch ketiga berisi alat mandi yang juga menjadi tas serut saya yang akan dibawa ke kamar mandi membawa keperluan mandi. Pouch ke empat adalah pouch kecil yang saya masukkan sling bag yaitu berisi kit penyelamatan pertama pada perempuan. Well, women need tissue, facepaper, lip balm, kira-kira semacam itulah. Kelihatannya memang ribet, tapi sebenarnya mengelompokkan benda-benda ini mempermudah pencarian, sehingga kita tidak perlu repot membongkar semua untuk mencari hal-hal kecil namun penting tadi.

#4 COMFORTABLE OUTFIT
All you need is a comfortable outfit! Pakaian yang nyaman termasuk kunci dari perjalanan yang nyaman juga loh! Untuk perjalanan 10 hari kemarin, terutama karena perjalanan dilakukan di negara tropis, pilih pakaian yang nyaman berbahan menyerap keringat. Ditambah karena perjalanan ini akan didominasi oleh berjalan kaki dan berpindah-pindah, pilih pakaian yang tidak terlalu ribet. Saya lupa saya membawa berapa baju saat itu, yang jelas saya membawa pakaian lengan panjang langsung, 1 celana ganti, 1 legging, dan 1 celana tidur, sisanya saya membawa beberapa tanktop dan cardigan sebagai luaran agar tidak terlalu banyak membawa pakaian. Jilbab yang saya bawa juga tidak banyak, kalau tidak salah hanya 3 helai. Sebelumnya simulasikan mix and match pakaian kalian ya, saya juga diperjalanan, di hostel, malam sambil mandi menyempatkan diri mencuci dan menjemur baju yang saya pakai, jadi bisa dipakai lagi dan tidak menjadi pakaian kotor.

#5 COMFORTABLE SHOES
Last but not least, a pair of comfortable shoes! Finally. Sepatu yang nyaman adalah kunci perjalanan yang nyaman juga. Terutama karena saya akan banyak berjalan kaki selama 10 hari. Saya menggunakan slip on shoes yang praktis, nyaman, dan tertutup. Saya menggunakan sepatu slip on berwarna abu-abu yang netral untuk digunakan dengan pakaian warna apa saja.

Bawaan saya selama trip
sling bag + travel backpack

Kira-kira 5 hal tadi yang menurut saya paling berpengaruh dalam packing. Sisanya adalah hal-hal yang tergantung kondisi masing-masing.
Pengalaman yang saya ambil selama perjalanan IndoChina Trip kemarin yang bisa saya gunakan untuk trip saya selanjutnya; bagus juga kalau membawa plastic bag, plastic-plastik yang bisa dikunci di bagian atasnya untuk mempermudah packing. Jadi pakaian-pakaian kita masukkan dalam plastic tersebut hingga kedap udara dan semakin mempersedikit bawaan. Kemarin, Hanief melakukan hal itu dan saya melihat itu cukup praktis dan ide yang menarik untuk perjalanan selanjutnya.

Selain itu adalah pakaian yang nyaman dan sepatu yang nyaman. Pada perjalanan-perjalanan berikutnya, saya sepertinya membutuhkan sepatu keds, sneaker, atau sepatu nyaman lain yang baru. Sepatu slip-on kesayangan saya warnanya sudah cukup memudar karena sudah terlalu banyak saya gunakan. Saya juga memerlukan summer-shirt yang nyaman atau luaran/cardigan yang praktis digunakan dengan pakaian apa saja. Kebetulan saat ini ZALORA sedang mengadakan fever week, ternyata tidak hanya koleksi baju yang di diskon, tapi juga sepatu dan tas sampai 80%! Whoaa! I should take a look at Slip On categories and Sneakers category, then.


Jakarta, 21 Juli 2015 - ZALORA, destinasi fashion online di Asia, meluncurkan Fashion Fever Week, penawaran spesial untuk fashion brand pilihan di semua ZALORA Asia Tenggara pada pertengahan tahun, mulai dari 22 Juli sampai dengan 2 Agustus 2015. Rangkaian Fashion Fever Week menjadi perayaan fashion spesial untuk ZALORA di pertengahan tahun ini dan menawarkan konsumen akses langsung untuk high-street global fashion brands sekaligus lokal brand dengan harga super spesial. ZALORA memberikan diskon sampai dengan 80% untuk seleksi fashion terbaik dari brand-brand yang berpartisipasi dalam Fashion Fever Week ini.

Grab this chance, guys!

And see you in my next post about my IndoChina Trip! :)

Addina Faizati

You Might Also Like

2 comments

  1. jangan lupa bawa sendal jepit buat backup kalo keujanan..
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalan-jalan nya pas summer, jadi panas haha :"

      Delete